Kamis, 22 November 2012

MASALAH PENCERNAAN


Siapa yang punya problem masalah pencernaan.......??
 

Simak tips-tips praktis di acara Kata Dokter JAK TV, hari Minggu tgl 25 Nov 2012 pk 20.30-21.30, dengan sahabat saya dr. Boyke Dian Nugraha menjadi host tunggal. Bintang tamu Lucky Idol 1.
Tema "Pencernaan Sehat dengan Metode Holistik".

Bagi yang tidak bisa menangkap siaran JAK TV dari TV, bisa melihat siaran streamingnya di www.jak-tv.com.

Boleh bantu share ya........

Semoga bermanfaat bagi banyak orang.

Don't miss it..........!!

Berminat untuk memperbaiki dan mendapatkan kondisi sistem pencernaan yang sehat ? 
Silahkan untuk melakukan terapi alami PHYTOBIOPHYSICS bersama dr. Florentina R Wahjuni (dengan perjanjian) , di RS MEILIA Cibubur. 
Hubungi 0856 91 843 843 , 081511671168 , 083870716888 , 02193672372.




KIAT AGAR PENCERNAAN BAIK

Masalah yang paling banyak dialami oleh masyarakat biasanya berhubungan dengan sistem pencernaan. Untuk itu ketahui bagaimana cara menjaga agar sistem pencernaan tetap sehat. Berbagai masalah bisa menyerang pencernaan seperti perut kembung, berisi banyak gas, maag, diare atau sembelit (konstipasi). Padahal sistem pencernaan memainkan peran sangat penting dalam menciptakan hidup sehat.
Banyak cara untuk memastikan pencernaan supaya berjalan baik :

  1. CIPTAKAN WAKTU MAKAN YANG DAMAIMakan pelan bila perlu. Lapar adalah saus terbaik. Kebahagiaan membuat proses pencernaan berjalan baik.                                                                                                                                                             
  1. BERTERIMA KASIH UNTUK MAKANAN YANG DIBERIKANMensyukuri makanan anda membuat makanan lebih alkali.
  1. KUNYAH DAN BASAHI  MAKANAN ANDA DENGAN AIR LIUR SECARA MERATAIni membuat makanan lebih alkali, terutama biji-bijian. Penuhi setengah kapasitas lambung dengan makanan, seperempatnya dengan cairan, seperempat bagian  terakhir dibiarkan kosong untuk fungsi proses mencerna. Kurangi cairan bila makanan berbentuk biji-bijian..  Hindari air dingin/es saat makan.
  1. BUAT KOMBINASI MAKANAN YANG BAIK.  Jika proses pencernaan terganggu atau ingin mengurangi berat badan. Komposisi Protein dan tepung dengan perbandingan 50%-50% dalam makanan tidak tercerna dengan baik dan menyebakan aciditas. Ada orang yang memiliki kemampuan pencernaan yang besar , mungkin dapat mentolerir komposisi makanan di atas. Jika tidak, maka ikuti aturan dasar berikut : protein tidak dikombinasi dengan tepung. Misal untuk  makanan PROTEIN : daging, unggas, makanan laut, telur, makanan mengandung susu, biji-bijian dan kacang-kacangan terkombinasi dengan baik kecuali makanan yang mengandung tepung misal kentang, yam, labu parang. Makan protein terlebih dahulu, lalu salad/lalapan, terakhir sayuran matang. Buah-buahan yang menolong pencernaan protein dapat dimakan 45 menit sebelumnya (apel, aprikot, bluberi, anggur, kiwi, lemon, nectarine, jeruk, pepaya, peach, pir, nanas, plum, rasberi, strowberi. Kacang-kacangan adalah makanan yang mengandung protein dan tepung, kombinasinya bermacam-macam. Dan menyebabkan proses pencernaan terganggu. Bisa ditoleransi jika dimasak dengan baik dengan herbal pencernaan. Kacang-kacangan jika dimakan dengan biji-bijian akan membentuk protein yang lengkap.  Aturan umum untuk kombinasi yang baik berdasarkan bahan baku utama.
  1. Herbal pencernaan dapat dimasak bersama makanan, misal biji/daun fennel dimasak dgn ikan, bawang putih bumbu kari dengan kacang-kacangan, teh herbal camomile / pepermint sarinya diminum sebelum makan untuk menstimulasi kapasitas kemampuan pencernaan.
  1. TABLET ENZIM PENCERNAAN dapat diminum utk membantu proses pencernaan, atau perbanyak kandungan makanan mentah untuk memberi bahan baku bagi tubuh untuk membuat enzim sendiri. Buah dan sayur mentah, kecambah, biji2an, kacang2an baik utk pergantian enzim, juga seperti makanan yang miso, tempe.
  1. Jangan makan makanan itu2 saja.
  1. Makanan yg terasa asam spt sitrus, lemon, jeruk nipis, dll, bisa membuat kombinasi alkali setelah metabolisme. Mereka dapat menyebabkan pelepasan keasaman seketika spt ruam. Stop makan lalu pelan2 perkenalkan makanan tsb beberapa hari kemudian.
  1. SABAR
  1. ISTIRAHAT DAN TIDUR MEMBUAT LEBIH ALKALI
  1. TARIK NAFAS DALAM MELEPAS 50% TOKSIN DARI DALAM TUBUH


Gejala stress pada pencernaan :

Drop energi setelah makan atau mengantuk, sakit lambung, reflux asam lambung, rasa terbakar, pusing, temperamen buruk, rasa pahit di mulut, sembelit dapat berlangsung beberapa hari.  Untuk melegakan stress pencernaan, kombinasikan makanan secara sederhana untuk mencegah gejolak perut.

Gejala awal dari overaciditas :
Jerawat, kecemasan, kembung, sensitif terhadap bau-bauan, kaki tangan dingin, sembelit, diare, pusing, produksi mucous berlebihan di kepala, alergi makanan, rasa terbakar, kencing panas, hiperaktif, gangguan pencernaan, detak jantung tidak teratur, sakit sendi yang berpindah-pindah, energinya lemah, nafsu sex menurun, rasa metal di lidah, sakit kepala ringan, sakit otot, serangan panik, Post Mental Trauma, detak jantung cepat, nafas cepat dan dangkal, lapisan putih di lidah.

Gejala sedang dari overasiditas :
Asma, infeksi bakteri dan jamur, bronkitis, cold sores, radang usus, infeksi saluran kemih, lingkaran hitam di mata, depresi, sakit telinga, flu dan pilek, sakit maag, hay fever, impoten, insomnia, hilang memori, migren, psoriasis, sinusitis, uretritis.

Gejala lanjutan dari overasiditas :
Kanker, Chron’s disease, eritematosis, hodgkin’s disease, lekemia, multiple schlerosis,  szikophrenia, sistemik lupus dgn rematoid artritis.


PETUNJUK PEMAKAIAN TEORY CHART 80 /20 :
Kesehatan menyarankan 80 dari makanan harian adalah makanan pembentuk basa, sedang 20 % lagi adalah makanan pembentuk asam setiap kali makan. Jika pagi makan daging, maka makanan selanjutnya pilih yang basa. Atau coba 20% protein dengan 80% sayuran tanpa tepung. Makanan yang berasal dari tepung boleh 20-30% dgn 70%-80% sayuran. Jika terlalu banyak makanan pembentuk asam dalam 1 hari, dapat distabilkan dgn 90-100% makanan pembentuk basa untuk beberapa hari ke depan, untuk mengembalikan kadar basa. Idealnya keseimbangan 80/20 asam – basa,  setiap hari, tapi bila tidak lakukan pada mingguan. 

  1. Protein Hewani, sebagai pembentuk asam paling banyak, sehingga membutuhkan 80% makanan alkali seperti buah dan sayur. Biji-bijian, kacang-kacangan, dll, ph asam basanya lebar, makan dalam bentuk utuh shg pembentuk asamnya minimal, jangan setelah melalui pemrosesan karena terbentuk tepung.
2. Untuk meningkatkan kebasaan, pilih makanan pembentuk basa drpd pembentuk asam.   


Berlaku “you are what you eat” :
Pencernaan kita panjangnya 3-4x tinggi badan tubuh kita. Yang berperan pada pengaruh dorongan untuk makan enak hanya pada pikiran dan sejengkal dari mulut kita. Sesudah itu tidak ada rasanya makanan enak. 
KEGIATAN yang dianjurkan agar makanan yang kita makan lebih alkali : Berdoa, meditasi, cinta, kebaikan, belas kasih.
Yang membuat makanan lebih asam : kemarahan, iri hati, dendam, egois.


Ketahuilah cara-cara apa yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga sistem pencernaan tubuh agar tetap sehat, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (15/9/2011) yaitu:

1. Makan secara perlahan dan mengunyah makanan dengan benar, usahakan untuk tidak terburu-buru dalam menelan makanan. Karena mengunyah makanan dengan benar bisa membantu tugas usus dalam mencerna dan menyerap makanan.
2. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat, termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, berbagai jenis sayuran dan juga buah-buahan yang sebisa mungkin dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Untuk mencegah masalah pencernaan sebaiknya konsumsi serat minimal 25-30 gram per hari.
3. Mengonsumsi makanan dalam porsi kecil tapi sering sehingga bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan tidak terlalu memberikan beban yang besar.
4. Minum cairan yang cukup baik dalam bentuk air putih, jus atau sup. Cairan ini akan menunjukkan efektivitas yang lebih besar jika mengalami masalah sembelit dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara menyeluruh.
5. Cobalah berjalan sebentar setelah makan dan hindari langsung berbaring. Jika memungkinkan cobalah berjalan kaki selama 10 menit, ini tidak hanya membantu tubuh mencerna lebih baik tapi juga menghindari masalah pencernaan seperti perut kembung, gangguan pencernan dan mulas.
6. Mengonsumsi probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Studi menunjukkan makanan probiotik seperti yogurt kemungkinan bisa membantu kondisi seperti diare, irritable bowel syndrome (IBS) dan penyakit radang usus.
7. Tetap berusaha untuk mengurangi kadar stres, karena stres memperburuk masalah pencernaan seperti maag, wasir dan IBS, sedangkan kegiatan fisik seperti meditasi dan yoga dapat membantu membuat saraf menjadi lebih tenang.
8. Menghindari rokok dan alkohol, karena bisa memperburuk masalah yang sudah ada di dalam pencernaan.
9. Membatasi asupan garam, gula dan tepung terigu, karena konsumsi bahan-bahan tersebut secara berlebihan diketahui menjadi penyebab dasar dari banyaknya masalah pencernaan.
10. Membersihkan sayuran dengan baik sebelum dimasak dan dimakan. Usahakan untuk membersihkan secara menyeluruh sayuran dan buah-buahan sebelum dimakan untuk menghindari kuman yang bisa memiliki dampak langsung pada lapisan lambung.



MENGATASI PERUT KEMBUNG :

Perut kembung terjadi karena adanya gas berlebih yang menimbulkan rasa tak nyaman. Ketahui cara-cara mengatasi perut kembung yang bisa menimpa siapa saja. Kelebihan gas di dalam usus dan berdiam diri di dalam saluran pencernaan memicu perut kembung. Padahal harusnya gas-gas ini dikeluarkan sehingga tidak menumpuk di perut. Beberapa orang biasanya akan berusaha menghilangkan gas berlebih dari dalam tubuh dengan cara mengeluarkannya lewat buang angin atau bersendawa.
Hal ini bisa membantu menjaga tekanan dalam saluran usus agar tetap rendah. Rata-rata orang akan melepaskan gas melalui kentut atau sendawa sebanyak 6-14 kali dalam sehari baik secara sadar ataupun tidak sadar.
Penyebab dari perut kembung ini bisa bermacam-macam, seperti adanya reaksi kimia dari makanan tertentu yang dikonsumsi sehingga merangsang produksi gas berlebih di dalam usus, atau akibat gangguan pencernaan lain misalnya sindrom iritasi usus dan sembelit. Jika disebabkan oleh penyakit tertentu biasanya menimbulkan perut kembung yang kronis.
Seperti dikutip dari NHS.co.uk, Jumat (25/6/2010) ada beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang untuk mengatasi perut kembungnya, yaitu:
  1. Melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup, salah satunya pilihlah makanan yang mudah dicerna tubuh seperti kentang, beras, jeruk, anggur serta menghindari makanan yang mengandung gas tinggi (kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong).
  2. Beberapa orang kadang memiliki reaksi berbeda terhadap makanan tertentu, sehingga ada baiknya seseorang mengenali makanan apa saja yang bisa membuat gejala menjadi lebih buruk atau baik.
  3. Sebaiknya makan 6 kali sehari dengan porsi kecil dibandingkan dengan tiga kali dalam porsi besar. Karena makanan yang lebih kecil akan lebih mudah dicerna serta lebih sedikit menghasilkan gas.
  4. Usahakan untuk mengunyah makanan secara perlahan-lahan dan menyeluruh, hal ini untuk mengurangi jumlah udara yang ikut tertelan.
  5. Cobalah untuk melakukan olahraga sehingga bisa membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan usus, serta mengurangi gas dalam tubuh.
  6. Sebaiknya berhenti merokok dan menghindari konsumsi permen karet. Karena kedua kegiatan ini bisa menyebabkan seseorang menelan udara lebih banyak dari biasanya dan asap tembakau dapat mengganggu sistem pencernaan.
  7. Mengonsumsi tablet arang, karena arang bisa menyerap gas dalam sistem pencernaan sehingga mengurangi gejala perut kembung. Tapi tablet ini tidak akan cocok diminum jika sedang mengonsumsi obat lain, karena arang akan menyerap obat sehingg menjadi kurang efektif.
  8. Cobalah mengonsumsi probiotik yang biasanya berbentuk cair. Probiotik ini akan mendorong pertumbuhan bakteri ramah yang bisa membantu proses pencernaan dan mengurangi jumlah gas di perut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar