Selasa, 15 Januari 2013

12 MERIDIAN AKUPUNTUR

Meridian adalah jalur atau tempat mengalirnya Chi dan darah dan merupakan titik-titik akupresur/ akupunktur. Meridian berbeda dengan saluran darah dan jaringan saraf. Sistem meridian menyatukan seluruh bagian tubuh, hal utamanya untuk menjaga agar tercapai keseimbangan yang harmonis.

Pengobatan Cina memandang meridian sebagai suatu jaringan yang  menghubungkan eksterior dan interior (organ bagian dalam dengan permukaan tubuh), jaringan dengan jiwa. Alasan inilah yang mendasari teori akupunktur. Titik-titik pada permukaan tubuh akan memberi dampak dalam tubuh, karena dampak itu akan mengalir melalui meridian.
Menurut naskah kuno disebutkan ada 365 titik akupunktur di dalam tubuh. Terdiri atas 12 meridian umum dan dikendalikan oleh 66 titik utama, dimana 66 titik utama ini diatur oleh 8 titik pusat. Dan 2 meridian istimewa, yaitu meridian organ reproduksi (Conception Vessel/Cv) dan organ reproduksi (Gouvernor vessel/Gv).
8 titik pusat ini dapat dipergunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit bahkan sampai 243 macam penyakit. Pemahaman akan 8 titik kunci utama ini adalah untuk memahami pengobatan Cina.
Meridian merupakan satu sistem jalur energi yang terangkai. Sepanjang sumbu panjang tubuh dengan pengecualian pembuluh Luo (penghubung antar meridian) dan Dai Nai.
Ada 12 pembuluh luar biasa yang melingkari pinggang dan ada 2 pembuluh biasa. Ada 12 meridian yang dinamakan sesuai dengan nama organ Chang Fu (organ padat dan organ berongga).
Meridian organ adalah jalur utama energi yang menghubungkan organ tertentu dengan organ lain dan permukaan tubuh. Setiap  meridian Yin mempunyai padanan pada meridian

12 Meridian Umum :
No.
Organ
Internasional
Kode
Jumlah Titik
1
Paru-paru
Lung
LU
11
2
Usus Besar
Large Intestine
LI
20
3
Lambung
Stomach
ST
45
4
Limpa
Spleen
SP
21
5
Jantung
Heart
HT
9
6
Usus Kecil
Small Intestine
SI
19
7
Kand. Kemih
Bladder
BL
67
8
Ginjal
Kidney
KI
27
9
Selaput Jantung
Pericardium
PC/HC
9
10
Sanjiao
Three Heater
SJ/TH/TE
23
11
Kand. Empedu
Gall Bladder
GB
44
12
Hati
Lever
LV/LR
24

Tidak ada komentar:

Posting Komentar